Field of Competence


News



BPAA LAPAN PONTIANAK MENJADI TUAN RUMAH HARI MENANAM POHON INDONESIA
News Writter : • Photographers : • 27 Dec 2018 • Read : 247 x ,

BPAA LAPAN Pontianak (Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer) LAPAN Pontianak bekerjasama dengan BPDASHL (Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Dan Hutan Lindung Kapuas). Dalam acara penanaman pohon Indonesia dan pencanangan gerakan nasional pemulihan daerah aliran sungai Tahun 2018. Penanaman ini dilakukan di lingkungan kantor BPAA LAPAN Pontianak pada tanggal 21 Desember 2018.

Kepala BPAA LAPAN Pontianak dalam sambutanya menyampaikan “Pada kesempatan yang berbahagia ini saya mewakili pimpinan LAPAN, mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Balai Pengelolaan Daerah Aliran Air Sungai dan Hutan Lindung Kapuas atas diterimanya usulan kami dan dipilihnya kantor kami sebagai tempat pelaksanaan kegiatan penanaman pohon ini, sehingga tempat kami ini akan menjadi hijau dan asri nantinya. Selanjutnya kepala BPAA Pontianak dalam sambutannya memperkenalkan tentang Profil LAPAN secara keseluruhan, dan berharap semoga apa yang kita tanam pada hari ini dapat hidup dan berkembang, sehingga menjadi hijau dan asri”.

Acara ini diikuti oleh 200 orang terdiri dari Pejabat dilingkungan provensi Kalbar, pegawai, pelajar, guru, akademisi,dan LSM. Jumlah bibit yang ditanam sebanyak 400 batang terdiri dari bibit kayu-kayuan dan buah-buahan. Bibit tersebut berasal dari persemaian permanen BPDASHL Kapuas yang berlokasi di Jalan Sungai Selamat.

Dasar pelaksanaan acara hari menanam pohon Indonesia ini adalah Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 24 Tahun 2008 tentang Hari Penanaman Pohon Indonesia, Bahwa tanggal 28 November telah ditetapkan hari Menanam Pohon Indonesia dan bulan Desember ditetapkan sebagai hari menanam pohon Indonesia.

Ketua pelaksana, Kepala BPDASHL mengatakan Maksud dan Tujuan dari acara ini adalah upaya memasyarakatkan gerakan tanam dan pelihara pohon sebagai sikap dan budaya bangsa dengan tujuan untuk mengantipasi degradasi , lahan serta kerusakan lingkungan lainnya yang mengakibatkan penurunan produktivitas alam dan kelestarian lingkungan. Lebih lanjut dikatakan Selain itu, acara ini di maksudkan juga sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GNDAS) di Provensi Kalimantan Barat sehingga diharapkan kondisi DAS di Kalimantan Barat akan semakin membaik dimasa yang akan datang.

Photografer/ Dokementasi : spr








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL