Field of Competence


News



PELUANG KERJASAMA EDUKASI KEANTARIKSAAN BPAA SUMEDANG DENGAN DINAS PENDIDIKAN KOTA BOGOR
News Writter : • Photographers : • 11 Apr 2018 • Read : 170 x ,

Sumedang — BPAA. BPAA Sumedang merupakan salah satu institusi yang melaksanak   layanan publik. Jika mengacu kepada Standar Pelayanan yang dimiliki, maka layanan yang dimaksud dapat dikategorikan sebagai layanan yang bersifat teknis fungsional. Yaitu, bentuk layanan yang sesuai dengan tugas dan ftmgsi.
Atas dasar itu, maka BPAA Sumedang dalam salah satu layanannya adalah melaksanakan sosialisasi yang bersifat edukasi keantariksaan. Penerima layanan biasanya terbagi ke dalam dua kelompok, yaitu publik internal dan eksternal.
Sebagai   maka pada Selasa (10/04), bertempat di Gedung Pusat Pengembangan Islam Bogor, BPAA Sumedang menyelenggarakan Sosialisasi Kegiatan Keantariksaan LAPAN. Sasaran kegiatan adalah siswa, mahasiswa, dan generasi muda Bogor yang tertarik dengan keantariksaan. Kegiatan dihadiri oleh Joko Purwanto, Anggota Komisi VII DPR RI.
Selain itu, hadir pula Camat Bogor Timur, Adi Novan, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Fahrudin, Dinas Komunikasi dan Informaüka Bogor, Warsono, Ketua Dewan Pembina sekaligus pendiri Kelompok Antariksa dan Asffonomi Bogor (KAAB), Hasbulloh, serta Kadisops Lanud Atang Sanjaya Bogor, Muzafar.
Pembina KAAB, Hasbulloh, dalam penjelasannya mengatakan bahwa mereka akan segera menyosialisasikan tentang komunitas astronomi Bogor. Adapun target sosialisasi adalah sekolah, madrasah dan kampus di Bogor. Selain itu ia juga meminta izin kepada Kepala BPAA Sumedang sebagai wakil dari LAPAN untuk melakukan pembinaan.
Sementara dalam sambutannya, Kadisdik Kota Bogor, Fahrudin, mengatakan bahwa Dinas Pendidikan Bogor sangat mengapresiasi terhadap para siswa, mahasiswa dan generasi muda yang hadir. Hal ini berkaitan dengan ketertarikan mereka terhadap keantariksaan. Terlebih telah terbentuk komunitas astronomi yang dapat mewadahi minat generasi muda Bogor.

Lebih jauh, Fahrudin mengatakan bahwa beberapa sekolah di Bogor, seperti SMAN 3 Bogor, memiliki ekstrakurikuler terkait keantariksaan. Mereka secara khusus mempunyai kegiatan pengamatan benda langit di sekolah. Untuk itu, dengan adanya komunitas astronomi, hal itu tentu akan semakin memperkuat edukasi keantariksaan yang ada

Selama ini, menurut Fahrudin, komunitas astronomi Bogor lebih banyak bersinergi dengan komunitas di Jakarta. Dengan hadirnya BPAA Sumedang, peluang sinergi antar komunitas terutama yang ada di Kabupaten Sumedang akan lebih terbuka. Hal ini menjadi salah satu dasar adanya kerjasama edukasi keantariksaan diantara unsur yang berkecimpung dibidang keantariksaan antara Bogor dan Sumedang. Kegiatan pada hari itu, menurut Kadisdik Kota Bogor, juga sangat berkaitan dengan semboyan Kota Bogor, yaitu pada Lawang Salapan. "Di Nu Kiwari Ngancik Nu Bihari Seja Ayeuna Sampeureun Jaga". apa yang dirasakan pada masa sekarang adalah hasil perjuangan pendahulu dan apa yang dilaksanakan pada hari ini merupakan momen yang akan menjadi warisan untuk generasi muda di masa datang.

Untuk itu, Fahrudin sangat berterimakasih kepada Kepala BPAA Sumedang, Kadisops Lanud Atang Sanjaya Bogor, dan semua pihak yang hari itu hadir untuk memberikan bekal keantariksaan pada generasi muda Bogor.
Menanggapi semua penjelasan dari para pemangku kepentingan yang ada di Bogor, maka Kepala BPAA Sumedang, Aries Kurniawan, menyampaikan apresiasi. Selanjutnya, ia memaparkan materi pokok pada Sosialisasi Kegiatan Keantariksaan, yaitu paparan tentang LAPAN dan hasil litbangnya serta tentang BPAA Sumedang dan capaian kegiatannya.

Paparan tentang LAPAN dimulai dari Undang-undang Nomor 21 tahun 2013 tentang Keantariksaan. Selanjutnya disampaikan pula tentang stuktur organisasi, sebaran lokasi, kompetensi utama serta hasil litbang LAPAN. Tidak ketinggalan, beberapa Video tentang LAPAN diputar untuk lebih memberikan edukasi kepada peserta.

Berkaitan dengan Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Sumedang, Aries menyampaikan tentang eksistensi BPAA Sumedang. Berbagai kegiatan yang dilakukan, fasilitas peralatan pengarnatan yang ada serta beberapa layanan publik yang telah dilaksanakan. Pada akhir presentasinya, ia mengajak kepada pemangku kepentingan di Bogor dan semua generasi muda yang hadir untuk bekerjasama dan datang ke Sumedang.

E.R. Saptianna








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2018 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL