Bidang Kompetensi


Berita



Focus Group Discussion : “ Edukasi Keantariksaan dan Pemanfaatan Hasil Litbang LAPAN “
Penulis Berita : • Fotografer : • 20 Nov 2017 • Dibaca : 746 x ,

Sumedang – BPAA. Bertempat di Gedung Antariksa BPAA Sumedang, Focus Group Discussion (FGD) telah dilaksanakan pada Rabu (15/11) pukul 08.30 – 15.30 WIB. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperoleh masukan dan informasi dari stakeholder mengenai permasalahan yang berkaitan dengan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh BPAA Sumedang maupun LAPAN.

Peserta FGD yang diundang terdiri dari Kecamatan Pamulihan, Dinas Pendidikan dan Pariwisata Kabupaten Sumedang, BAPPEDA Kabupaten Sumedang, SDN Haurngombong 2 Pamulihan, SDN Sukaluyu Sumedang, SMPN 1 dan SMPN 3 Tanjungsari, SMA Al Ma’soem dan SMAN 1 Sumedang, MGMP Fisika SMA Kabupaten Sumedang dan MGMP IPA SMP Sub Rayon 2 Sumedang.

Sebagai penyelenggara, BPAA Sumedang menggandeng Biro Kerjasama Hubungan Masyarakat dan Umum, Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh, Pusat Sains Antariksa serta Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer. Mereka bertindak sebagai narasumber yang menyajikan materi edukasi keantariksaan dan pemanfaatan hasil litbang LAPAN.

Sambutan dan pembukaan FGD disampaikan oleh Deputi Sains, Afif Budiyono. Berisi pemaparan tentang rasa syukur atas kegiatan FGD yang dilaksanakan di BPAA Sumedang. Selanjutnya dijelaskan tentang peran layanan publik penerbangan dan antariksa terhadap kepentingan masyarakat.

“FGD sebagai salah satu jembatan untuk membangun edukasi terhadap peningkatan dunia pendidikan di Kabupaten Sumedang. FGD juga sebagai sebuah forum bagi peserta yang berasal dari berbagai stakeholder menyampaikan masukannya bagi LAPAN. Semuanya terkait peningkatan litbang dan produk hasil litbang LAPAN”, paparnya.

“Kegiatan FGD seperti ini, ternyata membuahkan ide ke depan tentang pola belajar dan kerjasama, yaitu memposisikan belajar dengan fakta lapangan. Tidak hanya cerita di kelas tetapi langsung melakukan pengamatan lapangan”, ungkap Timbul, perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang.

Sebagai sebuah institusi litbang, maka BPAA Sumedang khususnya diharapkan menjadi sentra edukasi dan wisata ilmiah bagi masyarakat Sumedang. Terlebih, fasilitas peralatan yang dimiliki menjadi daya tarik tersendiri bagi penelitian.
“LAPAN merupakan tempat untuk belajar. Harapan adanya program yang sinkron antara LAPAN dan kelompok guru. Begitu banyaknya kebutuhan siswa terutama tentang astronomi dan kebumian yang sering dijadikan olimpiade bagi siswa. LAPAN bisa dijadikan tempat penelitian bagi guru untuk membuat karya tulis ilmiah. Media yang ada di LAPAN bisa dipergunakan sebagai referensi bagi para guru”, jelas Timbul.

Di akhir kegiatan, Aries Kurniawan, selaku Kepala BPAA Sumedang menyampaikan apresiasi kepada narasumber dan peserta. Kegiatan FGD dilaksanakan untuk mendukung pembangunan Kabupaten Sumedang terkait pendidikan, pariwisata dan perencanaan pembangunan.
“Semoga pemerintah daerah pun mendukung program LAPAN. Kerjasama akan terus dilaksanakan. Dan semoga ada tindaklanjut yang bermanfaat bagi kepentingan Kabupaten Sumedang”, ungkapnya.

Penulis Berita/ dokumentasi : E.R. Saptianna








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2018 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL