Field of Competence


News



Malam Langit Gelap’ Meriahkan Hari Keantariksaan di Bandung
News Writter : • Photographers : • 11 Aug 2017 • Read : 570 x ,

(Bandung, 6/8/2017) Untuk keduakalinya (tahun ke-2) LAPAN mengadakan kegiatan bertema “ Malam Langit Gelap “ bekerjasama dengan Pemda Jawa Barat di Gedung Sate Bandung dalam rangka peringatan ‘Hari Keantariksaan’. Kepala Pusat Sains Antariksa LAPAN dalam kata sambutannya mengucapkan terima kasih pada Pemerintah Provinsi Jawa Barat sehingga masyarakat bisa berkumpul untuk merayakan ‘Malam Langit Gelap’. Disebut demikian, karena pada jam 20.00-21.00 kita matikan lampu untuk bersama sama melihat bagaimana keindahan langit malam tanpa cahaya lampu karena hanya bintang-bintang yang sangat terang saja yang bisa kita lihat saat cahaya lampu nyala. Perayaan Hari Keantariksaan ini diperingati setiap tanggal 6 Agustus bertepatan dengan tanggal disahkannya Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan. Perbedaan denga perayaan tahun lalu adalah hadirnya planetarium mini LAPAN dan persiapan yang lebih matang dengan membawa beberapa teleskop untuk melihat bintang, rasi bintang, planet Jupiter, Bulan, dan kalau kita beruntung bisa melihat Saturnus. Acara ini turut diramaikan pula oleh komunitas Imah Noong.
 
Pembukaannya sendiri dilakukan oleh Ibu Gubernur Jawa Barat, Netty Prasetiyani Heryawan. Netty mengucapkan terima kasih, halaman gedung sate ini dijadikan Dark Sky Park perayaan ‘Malam Langit Gelap’ yang bukan hanya melihat malamnya tapi juga menjadikannya sebagai tradisi ilmiah yang kita bangun di tengah masyarakat Jawa Barat. Acara dihadiri perangkat daerah dan staf ahli dari jajaran pemerintah daerah Jawa Barat. Beliau mengingatkan bahwa negara kita menjadi cross point atau titik strategis perlintasan negara-negara di dunia. Diharapkan acara ini dapat membangun kebersamaan, menanam keyakinan, dan nilai-nilai religius di tengah masyarakat, sehingga mengingatkan pada mereka bahwa masih ada langit di atas langit, juga menyadarkan masyarakat tentang hemat energi dengan meminimalkan polusi cahaya yang mengotori langit kita yang indah. Setiap tanggal 6 Agustus mari kita sama-sama hadirkan kesadaran manusia-manusia yang tidak melampaui batas, manusia yang menjadi kholifah, mampu menterjemahkan perintah Tuhan seperti apa yang Ia kehendaki bagi kita semua untuk mengelola alam seluas-luasnya yang memberikan manfaat kepada kesejahteraan masyarakat. Selamat hari Keantariksaan sekaligus penerapan UU No 21 tahun 2013 dan diharapkan tidak hanya di halaman Gedung Sate akan ada spot-spot lainnya sebagai Dark Sky Park yang dapat dinikmati masyarakat Jawa Barat secara luas.
 
Rombongan pertama LAPAN tiba di lokasi sejak pukul 15.30 langsung memasang planetarium mini yang ditempatkan didalam Gedung Sate. Kemudian disusul rombongan ke-2 bertugas menyiapkan dan memasang teleskop di titik-titik pengamatan percis di halaman depan Gedung Sate. Planetarium dibuka sejak pukul 17.00 hingga 19.00 mempunyai daya tarik tersendiri, banyak dikunjungi pengunjung menyuguhkan film tentang keantariksaan. Namun karena animo masyarakat begitu besar dan banyak yang belum kebagian menonton maka waktunya ditambah hingga pukul 21.00. Begitu pula stand teleskop ramai dikunjungi, masyarakat yang datang antri satu persatu melihat objek langit menggunakan 4 buah teleskop yang tersedia (2 teleskop dari LAPAN + 2 teleskop dari ImahNoong). Pemadaman lampu disekitar Gedung Sate berlangsung mulai pukul 20.00 hingga 21.00, pengunjung dipandu dan diberikan penjelasan astronomi oleh Gunawan Admiranto . Bagi yang belum kebagian teleskop karena antriannya cukup panjang bisa mengamati langit malam diarahkan menggunakan tool aplikasi Skymap pada masing-masing androidnya, jadi pengunjung bisa mengetahui serta menikmati keindahan objek langit malam saat kondisi gelap gulita. Setelah lampu nyala kembali masyarakat berangsur meninggalkan area pengamatan hingga pukul 22.00 berakhirlah kegiatan Malam Langit Gelap di halaman Gedung Sate Bandung.
 
Penulis/Dokumentasi: Iyus Edi/BS
 







Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL